BANDUNG - Forum Lingkar Pena Cabang Bandung menghadiri Peluncuran Buku 'Bunga Penyihir Cilik' (BPC) karya Ratna Kusuma Halim pada Sabtu, 15 September 2018 di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Jalan Purnawarman No.25 Bandung. Acara ini dihadiri oleh Mr. Philippe Werck selaku CEO Clavis Publishing dan Ibu Winda Ariani Susilo, Direktur Clavis Indonesia.


Dalam peluncuran tersebut Bu Ratna, sebagai penulis sekaligus ilustrator buku BPC, memaparkan salindia presentasinya kepada para tamu undangan. Buku BPC bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Wendy, si penyihir cilik. Suatu hari Wendi mendapatkan undangan pesta makan es krim yang mengharuskan dirinya menggunakan busana bermotifkan bunga. Wendy pun kebingungan. Hampir semua isi lemari pakaian dan atribut penyihir yang ia miliki berwarna hitam, termasuk kucing peliharaannya. Namun, Wendy tidak menyerah. Dia kerahkan segala daya dan upaya demi menghadiri undangan pesta. Pada masa penyelesaian masalah itulah Wendy belajar banyak hal. Mulai dari membaca buku hingga mengucap mantra aneh bin ajaib.


Pada kesempatan itu pula Bu Ratna mengakui bahwa dirinya senang menulis dan membaca sejak kecil, sementara menekuni profesi sebagai penulis dan ilustrator dimulai pada usia 40. Bu Ratna pun berbagi cara bagaimana menulis cerita anak. "Kalau ingin menjadi penulis cerita anak, jadilah (seperti) anak-anak," kata Bu Ratna ketika menjawab salah satu pertanyaan audience.

Penulis Indonesia pertama yang karyanya diterbitkan oleh Clavis Publishing itu juga menceritakan latar belakang serta tujuan penulisan buku BPC yang dinilai jenaka, menarik, dan memiliki pesan-pesan (moral) tersembunyi. Salah satu pesan moralnya adalah agar anak bisa berupaya memecahkan masalahnya sendiri dan belajar darimana pun.

Acara yang dipandu oleh Aldo Permana dan Mega Vallentina tersebut diikuti oleh kurang lebih 50 peserta, terdiri dari beberapa komunitas literasi di Jawa Barat, rekan media, beberapa perwakilan pelajar SD di Bandung, dan adik-adik dari PABS Muhammadiyah.


Selain bedah buku, ada pula penjelasan sekilas tentang dunia penerbitan buku anak yang disampaikan oleh CEO Clavis Publishing, Mr. Philippe Werck. Clavis merupakan penerbit buku asal Belgium sudah hadir selama 40 tahun dan fokus pada penerbitan cerita anak. Selain di Belgium, Clavis hadir pula di Amsterdam, Amerika Serikat, dan Indonesia. Clavis sangat membuka kesempatan bagi para ilustrator Indonesia yang ingin menyalurkan karyanya agar bisa disebarluaskan di tingkat global. Biasanya ilustrator di Clavis sekaligus sebagai penulis alias satu paket. Kalaupun ada penulis yang tertarik menerbitkan karyanya namun terkendala ilustrasi cerita, maka tim Clavis turut bantu mencarikan ilustratornya.


Apakah kalian tertarik pada dunia anak? Sudah punya naskah dan ilustrasi cerita anak yang siap diterbitkan? Kalian bisa coba nih kirimkan ke Clavis Indonesia. Semoga berjodoh ya! :)