Seminar Produksi TV Program Sitkom

Sabtu, 17 November 2018, Unversitas Komputer Indonesia dan PT Unikom Kreasi Media menyelenggarakan kegiatan seminar produksi TV program sitkom bersama Boim Lebon, produser sekaligus penulis naskah sitkom OB yang ditayangkan di RCTI. Acara dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.30 WIB bertempat di aula Smart Building Unikom lantai 17. Peserta berasal dari berbagai jurusan yang ada di Unikom dan tujuh orang perwakilan dari FLP Bandung.

Bang Boim, begitu sapaan akrabnya, pada awal seminar beliau memaparkan tentang biodata diri beserta karya-karyanya yang telah diterbitkan. Setelah itu beliau masuk ke tahap penjelasan materi seminar. Pertama beliau mengulas tentang pengertian sitkom. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan pembuatan sitkom yang dimulai dari penciptaan karakter, proses pendalaman karakter, uji coba naskah dan proses editing.

Kekuatan sitkom berasal dari penciptaan karakter tokoh yang unik. Biasanya terdapat minimal tiga tokoh, dimana dua tokoh memiliki karakter yang kontras dan satu tokoh lagi berkarakter netral. Sumber ide sitkom bisa berasal dari kegiatan sehari-hari. Seperti misalnya pembuatan naskah OB berasal dari penggamatan kegiatan sehari-hari yang dilakukan OB. Kemudian dikembangkan tokoh-tokoh pendukung dalam sitkom tersebut.

Selain Bang Boim, pihak penyelenggara juga mengundang Adhitya Warman, pemeran tokoh Sayuti dalam sitkom OB. Adhitya menceritakan pengalamannya saat pertama kali bergabung dala sitkom OB dan bagaimana cara mendalami suatu karakter. Setelah penyampaian materi berakhir, kegiatan seminar ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak penyelenggara dan dilakukan sesi foto bersama.